Lagu Latin Hits Untuk Mengisi Playlistmu

lagu latin hits

Pernahkah kamu mendengarkan lagu asing seperti lagu Latin? Ya, terkadang kita seringkali merasa bosan dan mencari referensi lagu baru dari bahasa lain walaupun belum sepenuhnya kita mengerti artinya. Mendengarkan lagu memang salah satu bagian dari hidup kita baik ketika sedang bersantai maupun beraktivitas, kapanpun dan dimanapun. Dalam artikel ini, chicos akan diberikan rekomendasi 5 lagu Latin yang masih hits untuk mengisi playlist-mu versi penulis dengan *preview dari Spotify.

*Lebar / width dari preview lagu dibuat 100% agar bisa dilihat dari desktop, tablet, dan mobile.

Lagu Latin dari Masa ke Masa

Lagu merupakan salah satu cabang dari seni yang masih terus dikembangkan hingga sekarang dengan output berupa suara atau audio dengan iringan instrumen musik dan lirik. Selain lagu dengan Bahasa Inggris maupun Korea, ada satu bahasa lagi yang sebenarnya dari dulu sudah sering dijumpai di top chart. Lagu dengan Bahasa Latin. Hal ini cukup menarik  karena hingga sekarang pun masih banyak lagu-lagu Latin di berbagai platform musik dan tidak lekang oleh perubahan zaman. Dari tahun 1958-an sampai saat ini masih banyak yang mendengarkan. Karakter lagu dari Latin biasanya tidak jauh dari dance dan mungkin itulah yang menarik para pendengarnya dari masa ke masa.

 

1958 – 1989

Pada era awal sekitar tahun 1958 sampai 1989, masih sedikit lagu Latin yang masuk ke dalam top chart global. Ada beberapa yang mungkin familiar di telinga kita, seperti La Bamba oleh Ritchie Valens (1959), Guantanamera oleh The Sandpipers (1966), dan Oye Como Va oleh Santana (1971). Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar nama Santana, dibintangi oleh gitaris terkenal bernama Carlos Santana. Cukup jauh jarak tahun antara lagu hits satu dengan yang lainnya. Faktor ini wajar karena sepanjang era tersebut dipenuhi oleh country, jazz, dan disco secara global.

Judul Lagu Penyanyi / Band Rilisan
La Bamba Ritchie Valens 1959
Guantanamera The Sandpipers 1966
Oye Como Va Santana 1971
Eres Tu Mocedades 1974
La Bamba Los Lobos 1987

Ritchie Valens – La Bamba

Menurut Billboard Hot 100, lagu berjudul La Bamba versi Ritchie Valens adalah Lagu Spanyol pertama yang bisa memasuki top chart global. Dengan album yang juga diberi nama Ritchie Valens, La Bamba ada di urutan nomor 7 dari 12 lagu yang dirilis tahun 1959. Terlebih, La Bamba masuk ke daftar Billboard Greatest Hot 100 Songs of All-Time. Prestasi yang cukup membanggakan dan mewarnai industri musik kala itu. Setelahnya, banyak versi cover dan salah satunya adalah soundtrack untuk kartun Dora the Explorer. Suasana yang dibawakan dari lagu ini cukup meriah dan pas untuk berdansa bersama amigo kalian. Berikut preview 30 detiknya lewat platform musik Spotify.

1990 – 1999

Memasuki era 90-an dari tahun 1990 sampai 1999, masih sedikit yang masuk ke dalam top chart global. Beberapa daftar diantaranya adalah Lambada oleh Kaoma (1990), Macarena oleh Los Del Rio (1993), dan Suavemente oleh Elvis Crespo (1998). Lagu Lambada sepertinya menjadi inspirasi bagi Pitbull dan Jennifer Lopez dengan On the Floor mereka, karena nadanya mirip. Perbedaan dengan era sebelumnya, lagu hits era kali ini jarak tahunnya tidak sejauh pada 1958 – 1989. Mulai terlihat peningkatan didalam produksi musik Latin di tahun-tahun tersebut.

Judul Lagu Penyanyi / Band Rilisan
Lambada Kaoma 1990
Macarena Los Del Rio 1993
Maria Ricky Martin 1996
No Tengo Dinero Los Umbrellos 1997
Suavemente Elvis Crespo 1998

Los Del Rio – Macarena

Mungkin banyak dari chicos yang sudah mendengar lagu ini. Dibawakan oleh Los Del Rio, berjudul Macarena di urutan pertama pada album A Mi Me Gusta tahun 1993 yang berjumlah 12 lagu. Kemudian muncul versi remixnya oleh Bayside Boys Mix tahun 1995. Sayangnya, versi remix lah yang berhasil masuk ke daftar Billboard Greatest Hot 100 Songs of All-Time. Cukup booming pada masanya karena masih menggunakan genre yang membuat pendengarnya berdansa. Liriknya pun mudah untuk dinyanyikan. Hey Macarena, ay!

2000 – 2009

Di tahun 2000 sampai 2009, cukup banyak lagu Latin yang sudah bisa masuk ke daftar top chart global. Perkembangan yang pesat ini menjadi titik awal naiknya lagu berbahasa Latin. Seperti biasa, penulis hanya akan menyajikan 3 lagu terbaik dari 20-an lebih di era 2000-an ini. Mereka adalah Asereje oleh Las Ketchup (2002), Gasolina oleh Daddy Yankee (2004), dan Ay Chico oleh Pitbull (2006). Sangat terlihat peningkatannya di rentang tahun 2000 hinga 2009.

Judul Lagu Penyanyi / Band Rilisan
La Bomba Azul Azul 2001
Asereje Las Ketchup 2002
Gasolina Daddy Yankee 2004
La Tortura Shakira ft. Alejandro Sanz 2005
Ay Chico Pitbull 2006

Las Ketchup – Asereje

Pasti sudah banyak yang tahu dan mendengar lagu dari Las Ketchup ini. Berjudul Asereje yang dirilis pada tahun 2002 dan langsung menjadi lagu Latin hits pada masanya. Kala itu ketika MTV masih menjadi raja siaran musik Asereje seringkali diputar. Sempat juga diberitakan kalau single ini berkaitan dengan sekte tertentu terlepas dari benar atau tidaknya. Tapi menurut penulis yang namanya lagu tetaplah lagu, asal enak didengar. Banyak pula yang melakukan dance dari lagu yang catchy ini. Masih ingatkah dengan gerakan tangannya?

2010 – 2019

Rentang tahun dari 2010 sampai 2019, lagu Latin yang diproduksi dan masuk ke dalam top chart global semakin banyak. Baik dari penyanyi lama maupun baru semuanya mengisi industri musik Latin. Ada lebih dari 20 lagu yang hits, namun di tulisan ini hanya akan memberikan 3 terbaik versi penulis. Bon, Bon oleh Pitbull (2010), Danza Kuduro oleh Don Omar feat Lucenzo (2011), dan Despacito oleh Luis Fonsi & Daddy Yankee feat Justin Bieber (2017). Lagu Danza Kuduro ini menjadi salah satu soundtrack untuk film Fast Five. Cukup menarik karena akhirnya lagu Latin pun bisa menjadi salah satu soundtrack film box office kala itu. Selain itu juga banyak kolaborasi antar musisi populer, Despacito contohnya.

Judul Lagu Penyanyi / Band Rilisan
Bon, Bon Pitbull 2010
Danza Kuduro Don Omar ft. Lucenzo 2011
Chantaje Shakira ft. Maluma 2016
Despacito Luis Fonsi, Daddy Yankee ft. Justin Bieber 2017
Taki Taki DJ Snake ft. Selena Gomez, Ozuna, dan Cardi B. 2018

Pitbull – Bon, Bon

Salah satu penyanyi Latin favorit penulis, yaitu Pitbull. Lagu berjudul Bon, Bon yang dirilis pada tahun 2010. Berada di nomor 5 dari 12 lagu untuk album Armando. Meskipun terlahir dengan keturunan Kuba, namun Pitbull beberapa kali membawakan aksen Spanyol pada lagu-lagunya. Untuk nada pada Bon, Bon yang dibawakan sebenarnya berulang-ulang namun tetap enak didengar. Cocok ketika chicos sedang berpesta atau mungkin liburan. Masih dengan preview 30 detik dari Spotify, silahkan untuk mencoba mendengarkannya.

2020 – sekarang

Memasuki poin akhir dari tulisan ini, pada rentang 2020 hingga sekarang banyak yang masuk ke dalam top chart global. Minat para pendengar sepertinya masih tinggi. Beberapa diantaranya adalah Ritmo oleh Black Eyed Peas feat J. Balvin (2020), Hawai oleh Maluma (2020), dan Telepatia oleh Kali Uchis (2021). Semakin banyak lagu Latin yang hits dan bermacam-macam genrenya. Black Eyed Peas kali ini berkolaborasi dengan J. Balvin dengan lirik campuran Inggris – Spanyol. Diikuti dengan pendatang baru yaitu Maluma, yang ikut berkontribusi menyumbangkan lagu Latin.

Judul Lagu Penyanyi / Band Rilisan
Ritmo Black Eyed Peas ft. J. Balvin 2020
Hawai Maluma 2020
Un Dia (One Day)  J. Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny dan Tainy 2020
Me Gusta Anitta ft. Cardi B. dan Myke Towers 2020
Telepatia Kali Uchis 2021

Kali Uchis – Telepatia

Meskipun tidak ada keturunan Spanyol atau Latin lainnya, Kali Uchis cukup berjasa dalam menyumbangkan karyanya. Telepatia berada di nomor 7 dari 13 lagu pada album Sin Miedo (del Amor y Otros Demonios). Dirilis pada tahun 2021, lagu ini memiliki lirik campuran Inggris-Spanyol dengan mood yang lebih slow dari lagu Latin pada umumnya. Pas untuk didengarkan ketika chicos sedang bersantai ria selepas beraktivitas.

Nah, itu tadi adalah 5 lagu Latin hits versi penulis untuk mengisi playlist-mu. Mereka adalah La Bamba, Macarena, Asereje, Bon, Bon, dan Telepatia. Masih banyak lagu Latin lainnya yang juga enak didengar dari Ricky Martin, Shakira, dan musisi lainnya. Semoga rekomendasi penulis bisa membantu chicos untuk mengenal lebih jauh dan belajar tentang budaya Latin. Adios, chicos!

Leave a Comment

Your email address will not be published.