Lontong Isi a la Amerika Latin: Tamales

 

lontong isi

 

Lontong isi, siapa yang tidak asing dengan kuliner satu ini? Makanan ini dapat kita temukan di seluruh kota di Indonesia. Adonan nasi yang dibungkus memanjang, dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara direbus atau dikukus ini adalah teman dekat para foodies di Indonesia. Dengan isian beraneka ragam mulai dari sayuran hingga daging ayam atau sapi.

Lontong isi merupakan primadona pada saat buka puasa. Ditemani dengan macam-macam gorengan, penganan ini pun selalu diburu untuk menjadi takjil favorit.

Lontong isiLontong isi

Ternyata, lontong isi memiliki kembaran dari Amerika Latin loh! Namanya tamal (tamales dalam bentuk jamak). Apa itu tamales? Tamales adalah penganan asal Amerika Latin yang mirip dengan lontong isi.  Jika lontong isi terbuat dari adonan nasi, tamal sendiri berasal dari adonan tepung jagung yang diisi dengan daging atau sayuran, lalu dibungkus dengan daun jagung atau juga daun pisang. Cara memasaknya pun sama, bisa direbus atau dikukus.

 

tamales

Tamales

Tamales juga memiliki sejarah yang panjang, yaitu dari masa pra-kolombia. Tidak hanya  di Mexico, kita dapat menemui tamales dengan mudah di seluruh negara Amerika Latin. Biasanya tamales dimakan pada perayaan-perayaan tertentu seperti hari Natal atau saat kumpul dengan keluarga. Di Mexico sendiri, pada perayaan Misa Lilin setiap tanggal 2 Februari, tamales akan disajikan di setiap meja makan.

Menarik bukan bagaimana 2 negara yang berjarak lebih dari 15.000 km dengan budaya dan sejarah yang berbeda namun tetap memiliki kesamaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.